Minggu, 03 Juni 2012

Pedagogi

Jumat kemarin, jujur saya kaget ngeliat banyak orang yang keluar dari kelas psikologi pendidikan . ada yang dikeluarin karena gak bawa ktm ada juga yang keluar karena belum belajar materi perkuliahan saat itu, yaitu tentang pedagogi .

saya sendiri termasuk orang yang yang dikeluarkan,  dan saya orang yang berdiri di awal ketika di suruh keluar, bukan karena saya malas, tapi saya percaya setiap perbuatan memiliki konsekuensi, dan saya yang tidak belajar sebelum nya, harus sadar akan tempat saya.
saya juga senang ngeliat ada dosen yang perduli dengan persiapan mahasiswa nya untuk kuliah .

 Pedagogi adalah ilmu atau seni dalam menjadi seorang guru. Istilah ini merujuk pada strategi pembelajaran atau gaya pembelajaran.
jadi guru mempunyai gaya-gaya ngajar yang beda loh, dan semua itu tujuan nya cuma satu, buat masukin ilmu ke kepala kita-kita ini.
Ilmu Paedagogi sangat diperlukan untuk menjadi pedoman dalam mengajar. Dalam Paedagogi, mengajar bukan hanya sebatas memiliki ilmu dan menyampaikan ilmu tersebut, namun terdapat seni Paedagogi untuk mengajar. Perlu diperhatikan juga cara menyampaikan ilmu tersebut, interaksi, improvisasi, dan ekspresi. Intinya, kegiatan pembelajaran sesungguhnya merupakan kombinasi antara ilmu dan seni. Paedagogi bukan hanya sekedar memahami pengertiannya, namun juga bagaimana pengaplikasiannya. Hal inilah yang melahirkan apa yang disebutkan sebagai Paedagogi Praktis. Salah satu fungsi penelitian paedagogis adalah untuk memungkinkan guru atau pendidik memahami, menjelaskan, membela, membenarkan, dan bila perlu memodifikasi paedagogi. Tujuan ini melahirkan paedagogi praktis.
Pedagogik termasuk ilmu yang sifatnya teoritis dan praktis. Oleh karena itu pedagogik banyak berhubungan dengan ilmu-ilmu lain seperti: ilmu sosial, ilmu psikologi, psikologi belajar, metodologi pengajaran, sosiologi, filsafat dan lainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar